Pertanyaan:
1. Saat krisis air atau orang sakit agar tempat tidak terkalu becek, apakah cukup berwudlu' memakai air setengah liter?
2. Seseorang yang terkena najis saat sakit, mengusap najis tersebut dengan kain agar menjadi najis hukmiah. Bolehkah ia menggunakan air setengah liter tadi untuk berwudlu' sekaligus mencuci najis hukmiyahnya dengan sekali basuhan?
Terima kasih.
Jawaban:
1. Berwudlu' dengan air setengah liter, selama air tersebut mampu menyempurnakan batasan minimal membasuh (غسل) pada anggota wudlu' maka wudlu'nya bisa dianggap sah.
Karena Nabi Muhammad SAW juga pernah berwudlu' dengan air satu mud, kurang lebih 0,766 liter (hadits shohih).
2. Jika najis tersebut adalah najis hukmiyah, maka menurut Imam Nawawi boleh berwudlu' dengan satu basuhan.
Namun jika najis tersebut adalah najis 'ainiyah, maka harus membasuh minimal dua kali basuhan dengan syarat najis 'ainiyah tersebut sudah bisa hilang pada basuhan pertama. Jika najis tersebut belum hilang maka harus membasuhnya berulang kali. Intinya najis 'ainiyah harus dihilangkan terlebih dahulu baru kemudian berwudlu' dengan satu basuhan.
Referensi jawaban no. 1
Ust. Muhammad Su'eb Fattah
عن أنس وما روي عن ابن أبي ليلى عن عبد الكريم عن أنس أن النبي صلى الله عليه وسلم (كان يتوضأ برطلين ويغتسل بالصاع ثمانية أرطال) إسنادهما ضعيف وإنما الحديث في الصحيح عن أنس قال (كان رسول الله صلى الله عليه وسلم يتوضأ بالمد ويغتسل بالصاع إلى خمسة أمداد) قال البيهقي فلا معنى لترك الأحاديث الصحيحة في قدر الصاع المعد لزكاة الفطر بمثل هذا، والله أعلم
المجموع شرح المهذب ج ٦ ص ١٤٤
Ust. Husnizaini89
قال في المجموع فيجري الماء على يده، ويدير كفه الأخرى عليها مجريا للماء بها إلى مرفقه، ويجريه على رجله، ويدير كفه عليها مجريا للماء بها إلى كعبه، ولا يكتفي بجريانه بطبعه. اهى
اسنى المطالب ج ١ ص ٤٣
Referensi jawaban no. 2
Ust. Mochtar hidayat
قوله (وإزالة النجاسة ان كانت على بدنه) أى المغتسل وهذا ما رجحه الرافعي وعليه فلا يكفى غسلة واحدة عن الحدث والنجاسة ورجح النووى اﻹكتفاء بغسلة واحدة عنهما ومحله اذا كانت النجاسة حكمية أما اذا كانت النجاسة عينية وجب غسلتان عنهما. اهى
فتح القريب المجيب ص ٧
0 komentar:
Posting Komentar