Deskripsi masalah
Seorang perempuan punya kebiasaan haid 7 hari berturut-turut. Pada suatu bulan dia keluar darah di hari pertama dan hari kedua saja, sedangkan hari ke 3 sampai hari ke 7 mampet (naqo'), selanjutnya hari ke 8 keluar darah lagi sampai hari ke 18 dengan warna darah yang sama.
Pertanyaan:
1. Bagaimana cara menghitung haidnya?
2. Apa yang di maksud dengan sehari semalam (اقل الحيض)?
3. Umpama darah keluar selama 15 hari tetapi hitungannya kurang dari 24 jam, apakah masih disebut haid?
4. Jika selama putusnya darah dia melakukan sholat karena tidak tahu kalau darah akan keluar lagi, bagaimana hukum sholatnya yang dilakukan dalam keadaan haidl?
Jawaban:
1. Perempuan dalam kasus di atas sudah memiliki kebiasaan haid selama 7 hari. Sehingga perempuan tersebut termasuk pada golongan "Mu'taddeh".
Gambaran soal sebagai berikut:
Tanggal 1 - 2 : Keluar darah
Tanggal 3 - 7 : Naqo / mampet
Tanggal 8 - 18: Keluar darah
Penjelasannya sebagai berikut:
Tanggal ke 1 - 2 perempuan tersebut wajib tarobbus karena darah tersebut adalah darah haid.
Tanggal ke 3 - 7 perempuan tersebut wajib mandi dan kewajiban lainnya karena dimungkinkan sudah suci.
Tanggal ke 8 - 15 wajib tarobbus lagi karena masih dimungkinkan sebagai darah haid.
Saat memasuki tanggal ke 16 ternyata darah masih keluar, maka perempuan tersebut sedang mengalami istihadhoh dan penghitungan haidlnya tergolong pada "Mu'taddeh Mumayyizah".
Kesimpulannya:
Darah haidlnya adalah darah pertama yang keluar sebelum mampet (naqo') yaitu tanggal 1 - 2 (tidak wajib qodlo' sholat), sedangkan tanggal 3 - 7 naqo'nya dianggap suci karena tidak diapit oleh 2 darah haidl. Selanjutnya tanggal 8 - 17 terhitung darah istihadhoh (wajib qodlo' sholat), terakhir tanggal 18 terhitung haidl yang baru lagi karena istihadlohnya sudah melebihi batas minimal suci (aqollut tuhur, 15 hari) dengan syarat bahwa darah pada tanggal 18 tersebut sudah mencapai batas minimal haidl (aqollul haidl, sehari semalam).
Gambaran kesimpulan:
Tanggal 1 - 2 : Haidl
Tanggal 3 - 7 : Suci
Tanggal 8 - 17: Suci
Tanggal 18 : Haidl baru
2. Aqollul haid adalah darah yang keluar selama sehari semalam (24 jam) secara bersambung (متصلا). Apabila kurang dari 24 jam maka disebut darah rusak / penyakit (دم فساد).
3. Darah yang keluar selama 15 hari secara terpisah jika jumlahnya tidak sampai pada batas minimal haidl sehari semalam maka darah tersebut bukan dikatakan darah haidl melainkan darah rusak / penyakit (دم فساد).
4. Menurut pendapat Imam Syafi'ie :
"Apabila darahnya sudah terputus, maka mandi dan sholatlah, karena dikhawatirkan waktu terputusnya darah tersebut adalah waktu suci meskipun ternyata hari esoknya keluar darah lagi".
Masalah keabsahan sholatnya, kalau setelah mampetnya darah haid tersebut lalu bersuci dan shalat namun setelah sholat ternyata darahnya keluar lagi, dan ternyata perempuan itu masih dalam keadaan haid lanjutan (استمرار الحيض), maka hukum sholatnya tidak sah karena dalam keadaan haidl tetapi juga tidak haram karena didasari ketidak tahuan.
Referensi jawaban no. 1
Jainal Arif
ﻗﻮﻟﻪ؛ (ﻛﺄﻥ ﺭﺃﺕ ﺇﻟﺦ) ﻓﻠﻮ ﺭﺃﺕ ﺛﻠﺎﺛﺔ ﺩﻣﺎ ﺛﻢ ﺛﻠﺎﺛﺔ ﻧﻘﺎﺀ ﺛﻢ ﺍﺛﻨﻲ ﻋﺸﺮ ﺩﻣﺎ، ﺃﻭ ﺍﺛﻨﻲ ﻋﺸﺮ ﺩﻣﺎ ﺛﻢ ﺛﻠﺎﺛﺔ ﻧﻘﺎﺀ ﺛﻢ ﺛﻠﺎﺛﺔ ﺩﻣﺎ، ﻓﺎﻟﺬﻱ ﻳﺘﺠﻪ ﻓﻴﻬﻤﺎ ﺃﻥ ﺣﻴﻀﻬﺎ ﺍﻟﺴﺎﺑﻖ ﻓﻘﻂ، ﻭﻫو الثلاﺛﺔ ﻓﻲ ﺍﻟﺄﻭﻟﻰ، ﻭﺍﻟﺎﺛﻨﺎ ﻋﺸﺮ ﻓﻲ ﺍﻟﺜﺎﻧﻴﺔ، ﻓﺮﺍﺟﻌﻪ ﺛﻢ ﺃﻥ ﺍﻟﺤﻜﻢ ﻋﻠﻰ الثﻠﺎﺛﺔ ﺍﻟﺄﻭﻟﻰ ﺑﺄﻧﻬﺎ ﺣﻴﺾ ﻓﻘﻂ ﺭﺑﻤﺎ ﻳﻨﺎﻓﻴﻪ، ﻣﺎ ﺳﻴﺄﺗﻲ ﺁﺧﺮ ﺍﻟﺒﺎﺏ ﻣﻦ ﺍﻧﺘﻔﺎﺀ ﺍﻟﺤﻴﺾ، ﻓﻤﺎ ﻟﻮ ﺯﺍﺩﺕ ﺃﻭﻗﺎﺕ الدﻣﺎﺀ ﻣﻊ ﺍﻟﻨﻘﺎﺀ ﺑﻴﻨﻬﺎ ﻋﻠﻰ ﺧﻤﺴﺔ ﻋﺸﺮ، ﺇﻟﺎ ﺃﻥ ﻳﻘﺎﻝ ﺇﻥ ﻣﺎ ﺳﻴﺄﺗﻲ ﻣﺤﻤﻮﻝ ﻋﻠﻰ ﻣﺎ ﺇﺫﺍ ﻟﻢ ﻳﻜﻦ ﻓﻲ ﺃﻭﻗﺎﺕ الدمﺎﺀ، ﻣﻘﺪﺍﺭ ﺣﻴﺾ ﻛﺎﻣﻞ ﻛﻤﺎ ﺻﻮﺭﻭﻩ ﺃﻭ ﻋﻠﻰ ﻣﺎ ﺇﺫﺍ ﻟﻢ ﺗﺰﺩ ﺃﻭﻗﺎﺕ ﺍﻟﺪﻡ، ﻭﺍﻟﻨﻘﺎﺀ ﻋﻠﻰ ﺃﻛﺜﺮ ﺍﻟﺤﻴﺾ ﻓﺮﺍﺟﻌﻪ، اهى
الجمل ج ١ ص ٢٤٧
قوله (ثم إنقطع) خرج ما لو استمر فإن كانت مبتدأة فغير مميزة أو معتادة عملت بعادتها كما قالوه فيما لو رأت خمستها المعهودة أول الشهر ثم نقاء أربعة عشر ثم عاد الدم واستمر فيوم وليلة من أول الدم العائد طهر ثم تحيض خمسة أيام منه ويستمر دورها عشرين يوما، اهى حج، اهى برماوى و ع ش على م ر
حاشية الجمل ج ١ ص ٢٤٧
من عبر دمها أكثر الحيض وتسمى بالمستحاضة (مبتدأة) أى أول ما ابتدأها الدم (مميزة بأن ترى قويا وضعيفا) كاﻷسود واﻷحمر فهو ضعيف بالنسبة لﻷسود قوى بالنسبة لﻷشقر واﻷشقر أقوى من اﻷصغر وهو أقوى من الاكدر وماله رائحة كريهة أقوى مما لا رائحة له والثخين أقوى من الرقيق فاﻷقوى ما صفاته من نتن وثخن وقوة لون أكثر فيرجح أحد الدمين بما زاد منها فإن استويا فبالسبق. اهى
شرح المنهج ج ١ ص ٢٤٨
الصورة الثالثة هي المعتادة وهي التي سبق لها حيض وطهر المميزة وهي التي ترى قويا وضعيفا كما تقدم فيحكم لها بتمييز لا عادة مخالفة له إن لم يتخلل بينهما أقل الطهر فلو كانت عادتها خمسة من أول الشهر وبقيته طهر فلما نزل عليها الدم واستمر رأت عشرة أسود من أول الشهر وبقيته أحمر كان حيضها العشرة لا الخمسة فقط ﻷن التمييز أقوى من العادة ﻷنه علامة في الدم وهي علامة في صاحبته، فلو كانت العادة غير مخالفة للتمييز كما لو كانت عادتها خمسة أيام من أول الشهر فجاء التمييز كذلك حكم لها بهما معا ولو تخلل بينهما أقل طهر كأن رأت بعد خمستها عشرين ضعيفا ثم خمسة قويا ثم ضعيفا فقدر العادة حيض للعادة وقدر التمييز حيض أخر للتمييز، اهى
حاشية الباجورى ج ١ ص ١١١
مسئلة ي - رأت دما يصلح حيضا بأن زاد على يوم وليلة ونقص عن خمسة عشر ثم نقاء دون خمسة عشر لكن لو اجتمع مع الدم زاد عليها ثم دما فاﻷول حيض وما يكمل الطهر من العائد دم فساد والزائد حيض بشرطه مالم يجاوز أكثره وإلا فتأخذ المبتدأة غير المميزة من أول الزائد يوما وليلة وتطهر تسعة وعشرين والمعتادة عادتها حيضا وطهرا، اهى
بغية المسترشدين ص ٣١
Referensi jawaban no. 2
Ust. Mochtar Hidayat
اقل الحيض زمنا يوم وليلة اى قدرهما متصلا وهو اربع وعشرون ساعة فلكية وكل ساعة خمس عشرة درجة وكل درجة اربع دقائق فان نقص الدم عن هذا المقدار فليس بحيض بل هو دم فساد. اهى
كاشفة السجا ص ٦٣
Referensi jawaban no. 3
Ust. Mochtar Hidayat
واكثره خمسة عشر يوما بليالها اى مع ليالها سواء تقدمت او تأخرت او تلفقت وان لم تتصل الدماء بأن ينزل عليها فى كل يوم قدر ساعة مثلا لكن لما تلفقت اوقات الدماء فبلغت يوما وليلة فيحكم عليه بأنه حيض فان زدات الدماء على الخمسة عشر فلذلك الزائد دم استحاضة. اهى
كاشفة السجا ص ٦٣
اقل الحيض زمنا يوم وليلة اى مقدر ذلك وهو اربع وعشرون ساعة على اتصال معتاد فى الحيض اذ لو تخلله نقاء فالكل حيض اذا لم يجاوز خمسة عشر يوما ولم ينقص الدم عن اقل الحيض على قول السحب وهو المعتمد. اهى
رسالة المحيض ص ٢ - ٣
Referensi jawaban no. 4
Ust. Ahmad Ridlwan Salman
وَإِنْ كَانَتْ تَحِيضُ يَوْمًا وَتَطْهُرُ يَوْمًا أَمَرْنَاهَا أَنْ تُصَلِّيَ فِي يَوْمِ الطُّهْرِ بَعْدَ الْغُسْلِ؛ لِأَنَّهُ يَحْتَمِلُ أَنْ يَكُونَ طُهْرًا فَلَا تَدَعُ الصَّلَاةَ فَإِنْ جَاءَهَا الدَّمُ فِي الْيَوْمِ الثَّالِثِ عَلِمْنَا أَنَّ الْيَوْمَ الَّذِي قَبْلَهُ الَّذِي رَأَتْ فِيهِ الطُّهْرَ كَانَ حَيْضًا؛ لِأَنَّهُ يَسْتَحِيلُ أَنْ يَكُونَ الطُّهْرُ يَوْمًا؛ لِأَنَّ أَقَلَّ الطُّهْرِ خَمْسَةَ عَشَرَ وَكُلَّمَا رَأَتْ الطُّهْرَ أَمَرْنَاهَا أَنْ تَغْتَسِلَ وَتُصَلِّيَ؛ لِأَنَّهُ يُمْكِنُ أَنْ يَكُونَ طُهْرًا صَحِيحًا. اهى
الأم ج ١ ص ٨٥
0 komentar:
Posting Komentar