Deskripsi Masalah
Proses penyembelihan hewan pada sebagian Rumah Pemotongan Hewan (RPH) sudah tidak menggunakan cara manual/tradisional lagi, melainkan sudah menggunakan cara dan alat yang lebih modern, yaitu dengan menggunakan pisau mesin dan juga dilakukan pemingsanan/stunning terlebih dahulu pada hewan yang siap disembelih. Pemingsanan ini bersifat sementara, dimaksudkan agar mempermudah dalam merobohkan hewan (jenis sapi atau kambing) atau menenangkan gerakan keras sekaligus agar meringankan rasa sakit saat disembelih.
Aliran darah yang memancar (muncrat) dan gerakan yang kuat setelah disembelih adalah sebagai tanda adanya hayah mustaqirrah yang merupakan syarat untuk disembelih. Untuk mengetahui tanda di atas sebenarnya cukup mudah, namun jika hewan yang disembelih dalam jumlah banyak dengan proses penyembelihan yang cepat, mengetahui tanda tersebut tentu tidak mudah, sehingga yang terjadi sebagian besar hewan yang baru disembelih tidak sempat diketahui adanya tanda-tanda di atas.
Pertanyaan
1. Benarkah pemingsanan/stunning pada hewan yang akan disembelih merupakan bagian dari sembelihan yang baik (ihsan al-dzabh) atau justru tergolong ta’dzib (penyiksaan) yang dilarang?
2. Untuk membuktikan adanya hayah mustaqirrah, apakah cukup dengan hanya melihat tanda-tandanya pada sebagian hewan saja, mengingat jumlah hewan yang disembelih cukup banyak dan memang juga cukup sulit kalau harus melihat satu persatu?
Jawaban:
1. Melihat hasil penelitian pakar yang ahli dibidangnya, bahwa proses pemingsanan / stunning dengan cara di setrum, dipukul, dibius, dan lain sebagainya, itu sangat menyakitkan sehingga pemingsanan tersebut termasuk dalam kategori تعذيب (penyiksaan).
Ta'dzib itu terbagi menjadi 4 golongan:
- Masyruatun lil insan
- Ghoiru masyruatun lil insan
- Masyruatun lil hayawan
- Ghoiru masyruatun lil hayawan
2. Dalam proses penyembelihan seperti praktek diatas, tidak dibutuhkan adanya tanda hayatul mustaqirroh (حياة المستقرة) melainkan cukup dengan adanya tanda hayatul mustamirroh (حياة المستمرة) yaitu cukup dengan adanya nafas pada hewan saja.
Dalam hal ini disamakan seperti halnya hewan yang sedang sakit atau lapar.
Referensi jawaban no. 1
Ust. Ahmad Taufiq Yasin
http://m.voa-islam.com/news/science/2014/10/14/33202/voaislamic-science-2-subhanallah-ternyata-hewan-qurban-tidak-merasa-sakit-ketika-disembelih/
Ust. achmad taufiq99
وَأَمَّا النَّوْعُ الرَّابِعُ؛ وَهُوَ التَّعْذِيبُ (غَيْرُ الْمَشْرُوعِ) لِلْحَيَوَانِ. فَمِنْهُ؛ تَعْذِيبُ الْحَيَوَانِ بِالْمَنْعِ مِنَ الأَْكْل وَالشُّرْبِ، لِحَدِيثِ ابْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا؛ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَال؛ "دَخَلَتِ امْرَأَةٌ النَّارَ فِي هِرَّةٍ رَبَطَتْهَا، فَلَمْ تُطْعِمْهَا، وَلَمْ تَدَعْهَا تَأْكُل مِنْ خَشَاشِ الأَْرْضِ". وَمِنْهُ؛ اتِّخَاذُ ذِي رُوحٍ غَرَضًا، أَيْ هَدَفًا لِلرَّمْيِ. وَمِنْهُ؛ قَطْعُ رَأْسِ الْحَيَوَانِ الْمَذْبُوحِ وَسَلْخُهُ قَبْل أَنْ يَبْرُدَ، وَيَسْكُنَ عَنِ الاِضْطِرَابِ. اهى
الموسوعة الفقهية الكويتية ج ١٢ ص ٢٤٧
Referensi jawaban no. 2
Ust. Biasa Dipanggil Umam
وقوله دفعة واحدة لا في الدفعتين أى إذا لم توجد الحياة المستقرة عند الدفعة الثانية أما إذا وجدت الحياة المستقرة عند الدفعة الثانية فيحل المذبوح حينئذ ومثل الدفعة الثانية غيرها كالثالثة فالشرط وجود الحياة المستقرة فى إبتداء الوضع آخر مرة ومحل ذلك عند طول الفصل وإلا فلو رفع السكين واعادها فورا أوألقاها لكونها كالة وأخذ غيرها فورا أو سقطت منه وأخذ غيرها حالا أوقلبها وقطع بها ما بقي حل المذبوح وإن لم توجد الحياة المستقرة عند المرة الأخيرة لأن جميع المرات عند عدم طول الفصل كالمرة الواحدة
ولا تشترط الحياة المستقرة الا فيما إذا تقدم سبب يحال عليه الهلاك كأكل نبات مضر وجرح السبع للشاة وانهدام البناء على البهيمة وجرح الهرة للحماة وعلامتها انفجار الدم أوالحركة العنيفة فيكفي أحدهما على المعتمد، وأما إذا لم يوجد سبب يحال عليه الهلاك فلا تشترط الحياة المستقرة بل تكفي الحياة المستمرة وعلامتها وجود النفس فقط فإذا انتهى الحيوان إلى حركة مذبوح بمرض أوجوع ثم ذبح حل وان لم ينفجر الدم ولم يتحرك الحركة العنيفة خلافا لمن يغلط فيه، واعلم أنه يوجد في عبارتهم حياة مستقرة وحياة مستمرة وحركة مذبوح ويقال عيش مذبوح والفرق بينها أن الحياة المستقرة يكون معها ابصار باختيار ونطق باختيار وحركة اختيارية، والحياة المستمرة هي التي تستمر إلى خروج الروح من الجسد، وحركة المذبوح هي التي لايبقى معها ابصار باختيار ولانطق باختيار ولاحركة اختيارية بل يكون معها ابصار ونطق وحركة اضطرارية، وبعضهم فرق بينها بأن الحياة المستقرة هي التي لو ترك الحيوان لجاز أن يبقى يوما أويومين، والحياةالمستمرة هي التي تستمر إلى انقضاء الأجل، وحركة المذبوح هي التي لوترك لمات في الحال والاول هو المشهور. إه
حاشيه البيجوري ج ٢ ص ٥٣٧ دار الكتب العلمية
0 komentar:
Posting Komentar