Sail: Ust. Ahmad Ridlwan Salman

Deskripsi masalah
Di zaman yang serba canggih sekarang ini, banyak aplikasi HP yang bermacam-macam, seperti aplikasi kitab, sholawat, do'a-do'a dan aplikasi Alqu'ran yang tanpa di sadari oleh pemilik HP kadang dibawa ke kamar mandi atau tempat ma'siat.

Pertanyaan:
1. Apakah HP yang ada aplikasi Al-Qur'annya termasuk mushhaf?

2. Jika aplikasi Al-Qur'an tersebut terbuka di dalam kamar mandi apakah dosa pemilik HP tersebut?

Jawaban:
1. Aplikasi Al-Qur'an yang terdapat di HP, dalam hal ini banyak ulama' yang berbeda pendapat.
Menurut sebagian ulama' HP tersebut tidak termasuk mushhaf, karena tulisan dalam aplikasi Al-Qur'an bukan huruf tetap (ليست حروفا ثابتة) tetapi pancaran sinar yang bisa hilang sewaktu-waktu.

2. Apabila aplikasi tersebut dibuka di kamar mandi, hukumnya adalah haram (berdosa), bukan karena berstatus mushhaf namun karena terdapat sesuatu dari Alqur'an (شيئ من القرأن) dan terdapat nama-nama yang diagungkan (أسماء المعظم) yang harus kita agungkan dan kita mulyakan (تعظيما وتكريما).

Referensi jawaban no. 1

Ust. Syamsul Arifin
ﻫﺬﻩ ﺍﻟﺠﻮﺍﻻﺕ ﺍﻟﺘﻲ ﻭﺿﻊ ﻓﻴﻬﺎ ﺍﻟﻘﺮﺁﻥ ﻛﺘﺎﺑﺔ ﺃﻭ ﺗﺴﺠﻴﻼ، ﻻ ﺗﺄﺧﺬ ﺣﻜﻢ ﺍﻟﻤﺼﺤﻒ، ﻓﻴﺠﻮﺯ ﻟﻤﺴﻬﺎ ﻣﻦ ﻏﻴﺮ ﻃﻬﺎﺭﺓ، ﻭﻳﺠﻮﺯ ﺩﺧﻮﻝ ﺍﻟﺨﻼء ﺑﻬﺎ، ﻭﺫﻟﻚ ﻷﻥ ﻛﺘﺎﺑﺔ ﺍﻟﻘﺮﺁﻥ ﻓﻲ ﺍﻟﺠﻮﺍﻝ ﻟﻴﺲ ﻛﻜﺘﺎﺑﺘﻪ ﻓﻲ ﺍﻟﻤﺼﺎﺣﻒ، ﻓﻬﻲ ﺫﺑﺬﺑﺎﺕ ﺗﻌﺮﺽ ﺛﻢ ﺗﺰﻭﻝ ﻭﻟﻴﺴﺖ ﺣﺮﻭﻓﺎ ﺛﺎﺑﺘﺔ، ﻭﺍﻟﺠﻮﺍﻝ ﻣﺸﺘﻤﻞ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻘﺮﺁﻥ ﻭﻏﻴﺮﻩ. اهى
موقع اﻹسلام السؤال والجواب ص ٥٣

"Handphone atau Smartphone yang di dalamnya terdapat Al-Qur’an baik yang tampak sebagai tulisan atau berupa audio tidak dihukumi sebagai mushhaf. Oleh karena itu boleh memegangnya dalam keadaan hadats dan juga boleh membawanya ke dalam toilet. Ini disebabkan tulisan Al-Qur’an yang tampak di handphone tidak seperti tulisan dalam Mushhaf, tetapi tulisan tersebut adalah getaran listrik atau pancaran sinar yang bisa nampak dan bisa hilang serta bukan merupakan huruf yang tetap. Lebih dari itu, dalam handphone terdapat banyak program atau data selain Al-Qur’an".

والمراد بالمصحف كل ما كتب فيه شيء من القرآن بقصد الدراسة كلوح أو عمود أو جدار كتب عليه شيء من القرآن للدراسة. إهـ
نهاية الزين ص ٣٢

وهو اسم للمكتوب فيه كلام الله تعالى بين الدفتين كما في الحديث، والمراد به ما يسمى مصحفا عرفا ولو قليلا كحزب، ولا عبرة فيه بقصد غير الدراسة
حاشيتا قليوبى وعميرة ج ١ ص ٣٩

ويؤخذ منه أنه لو نقش القرآن على خشبة وختم بها الأوراق بقصد القراءة وصار يقرأ الحرمة وليس من الكتابة ما يقص بالمقص على صورة حرف القرآن من ورق أو قماش فلا يحرم مسه
نهاية المحتاج إلى شرح المنهاج ١ ص ١٢٤

وقوله (كتابة) وضابط المكتوب عليه كل ما ثبت عليه الخط كرق وثوب سواء كتب بحبر أو نحوه ونقر صور الأحرف في حجر أو خشب أو خطها على الأرض، فلو رسم صورتها في هواء أو ماء فليس كتابة في المذهب كما قاله الزيادي
حاشية البجيرمي على الخطيب ج ١٠ ص ٤٧٩

Referensi jawaban no. 2

Ust. Syamsul Arifin
ومنها الاستهانة بما عظم الله - الي ان قال - او شئ من القران - الي ان قال - فكل ذلك من المعاصي الموبقات والخبائث المهلكات بل بعضها اذا قصد به الاستهزاء يجر الي الكفر والعياذ بالله من ذلك
اسعاد الرفيق ج ٢ ص ٥٦

Ust. Abd. Qodir
قوله (ﻭﻻ ﻳﺤﻤﻞ) ﻓﻲ اﻟﺨﻼء (ﺫﻛﺮ اﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ) ﺃﻱ ﻣﻜﺘﻮﺏ ﺫﻛﺮ ﻣﻦ ﻗﺮﺁﻥ ﺃﻭ ﻏﻴﺮﻩ ﺣﺘﻰ ﺣﻤﻞ ﻣﺎ ﻛﺘﺐ ﻣﻦ ﺫﻟﻚ ﻓﻲ ﺩﺭﻫﻢ ﺃﻭ ﻧﺤﻮﻩ ﺗﻌﻈﻴﻤﺎ ﻟﻪ ﻭاﻗﺘﺪاء ﺑﻪ - ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ - ؛ "ﻓﺈﻧﻪ ﻛﺎﻥ ﺇﺫا ﺩﺧﻞ اﻟﺨﻼء ﻧﺰﻉ ﺧﺎﺗﻤﻪ ﻭﻛﺎﻥ ﻧﻘﺸﻪ ﺛﻼﺛﺔ ﺃﺳﻄﺮ؛ ﻣﺤﻤﺪ ﺳﻄﺮ، ﻭﺭﺳﻮﻝ ﺳﻄﺮ، ﻭاﻟﻠﻪ ﺳﻄﺮ" ﺭﻭاﻩ اﺑﻦ ﺣﺒﺎﻥ ﻓﻲ ﺻﺤﻴﺤﻪ ﻋﻦ ﺃنس - الي ان قال - ﻗﺎﻝ اﻷﺫﺭﻋﻲ؛ ﻭاﻟﻤﺘﺠﻪ ﺗﺤﺮﻳﻢ ﺇﺩﺧﺎﻝ اﻟﻤﺼﺤﻒ ﻭﻧﺤﻮﻩ اﻟﺨﻼء ﻣﻦ ﻏﻴﺮ ﺿﺮﻭﺭﺓ ﺇﺟﻼﻻ ﻟﻪ ﻭﺗﻜﺮﻳﻤﺎ. اهى
مغني المحتاج ج ١ ص ١٥٥

0 komentar:

Posting Komentar

Categories

Diberdayakan oleh Blogger.

Followers

Salam Secangkir Kopi

Rumusan ini merupakan hasil belajar bersama di grup "Munadharah Kitab Kuning" yang dibentuk di media chating. Dengan terbatasnya ruang, waktu dan fasilitas yang kurang maksimal, maka semua anggota grup sepakat bahwa rumusan ini bukanlah jawaban akhir, melainkan hanya sebagai wadah bahan pertimbangan dalam memahami norma hukum islam.

Popular Posts