Deskripsi masalah
Banyak orang yang menyimpan file Al-Qur'an di HP-nya, baik berupa aplikasi pemutar suara atau aplikasi teks.
Pertanyaan :
1. Bagaimana hukumnya merekam atau menyimpan bacaan Al-Qur'an kedalam HP?
2. Saat aplikasi rekaman suara tersebut diputar, bagaimana hukumnya melangkahi HP tersebut namun tanpa niat melecehkan?
Terima kasih.
Jawaban:
1. Merekam atau menyimpan bacaan Al-Qur'an kedalam handphone / gadget hukumnya boleh.
Meskipun statusnya tidak dikatakan sebagai Mushhaf Al-Qur'an namun tetap berlaku hukum mengagungkannya.
2. Melangkahi HP yang sedang membuka aplikasi Al-Qur'an atau pemutar Al-Qur'an hukumnya ditafshil:
- Boleh tapi makruh (sebaiknya dihindari) jika sengaja melangkahi tanpa didasari unsur penghinaan atau merendahkan.
- Haram (berdosa) jika sengaja melangkahi disertai unsur penghinaan atau merendahkan.
- Murtad jika sengaja melangkahi disertai penghinaan dengan beranggapan melangkahi Kitab Allah SWT.
Berikut hasil pembahasan sebelumnya terkait Ta'rif Mushhaf dan Aplikasi Al-Qur'an:
http://www.dis-mkk.com/2017/09/0041-tarif-mushhaf-dan-aplikasi-al-quran.html?m=1
Referensi jawaban 1
هذه الجوالات التي وضع فيها القرآن كتابة أو تسجيلا، لا تأخذ حكم المصحف، فيجوز لمسها من غير طهارة، ويجوز دخول الخلاء بها، وذلك لأن كتابة القرآن في الجوال ليس ككتابته في المصاحف، فهي ذبذبات تعرض ثم تزول وليست حروفا ثابتة، والجوال مشتمل على القرآن وغيره
محمد صالح المنجد، موقع الإسلام سؤال وجواب، ٥٣/٥
حكم حمل المصحف المسجل على الأشرطةظهر حديثا فى الأسواق أشرطة تسجيل مسجل فيها القرآن الكريم بأكمله يتكون المصحف من عشرين شريطا تقريبا فهل حكم هذا المصحف كحكم المصحف المكتوب؟
الذي أرى أن التسجيل على الشريط يحصل بأحرف منقوشة تثبت على الشريط وعلى هذا فيكون له حكم المصحف وقد قامت بعض الجمعيات فى مصر بتسجيل هذا المصحف بقراآت مجودة وأصوات جميلة علي أسطوانات خاصة وعلى أشرطة كاسيت وتسمى مصحفا وأعتقد أن له حكم المصحف والأحوط للمسلم أن يحتاط
الياقوت النفيس ص ١١٨ - ١١٩
Referensi jawaban 2
الْعُرْفُ - وَالْمُخْتَارُ فِي تَعْرِيفِهِ أَنَّهُ مَا اسْتَقَرَّ فِي النُّفُوسِ مِنْ جِهَةِ الْعُقُول، وَتَلَقَّتْهُ الطِّبَاعُ السَّلِيمَةُ بِالْقَبُول. وَهُوَ دَلِيلٌ كَاشِفٌ إِذَا لَمْ يُوجَدْ نَصٌّ وَلاَ إِجْمَاعٌ عَلَى اعْتِبَارِهِ أَوْ إِلْغَائِهِ، كَالاِسْتِئْجَارِ بِعِوَضٍ مَجْهُولٍ لاَ يُفْضِي إِلَى النِّزَاعِ
مجموعة من المؤلفين، الموسوعة الفقهية الكويتية، ١٣٠/١
0 komentar:
Posting Komentar