Gambar Ilustrasi / Sa'il: Ra Taufiq


Deskripsi masalah

Didalam kitab Bugiyatul Mustarsyidiin terdapat redaksi sebagai berikut:

مسئلة ك - عدهً الفسخ كعدهً الطلاق لا الوفاهً وحكم المفسوخ نكاحها حكم الباًبًن في وجوب السكنى واستحباب الاحداد

بغيهً المسترشدين  ص ٢٣٦ الهداية - باب العدد

Sedikit pemahaman dari redaksi diatas bahwa perempuan yang memfasakh nikahnya statusnya sama seperti halnya perempuan yang ditalak 3 kali (ba'in) dalam hal tempat tinggal dan membatasi diri.


Pertanyaan:
1. Perceraian dengan cara fasakh nikah apakah boleh ruju' / kembali ataukah harus melewati muhallil seperti halnya talak ba'in?

2. Apakah fasakh nikah itu sama seperti talak, yaitu bisa terjadi meskipun dengan bergurau?


Jawaban:
1. Perceraian dengan cara fasakh nikah boleh ruju' / kembali tanpa melewati muhallil karena yang dimaksud dengan redaksi diatas itu hanya dalam hal keberhakan atas tempat tinggal dan kesunnahan untuk membatasi diri saja, tidak sama dalam hal muhallil karena perceraian fasakh itu tidak mengurangi hitungan talak sehingga boleh ruju' / kembali meskipun sudah berkali-kali melakukan fasakh dan ruju'.

2. Pengucapan fasakh nikah itu tidak sama dengan pengucapan talak, karena fasakh nikah itu ada syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi sebelumnya sehingga tidak bisa terjadi meskipun diucapkan berkali-kali jika syarat dan ketentuannya belum terpenuhi sebelumnya.


Referensi jawaban 1


⁨KH. M. Mundzir Kholil⁩

قوله: وعلى الزوج سكنى المفارقة) أي ويجب على الزوج سكنى المفارقة مطلقا بوفاة أو طلاق بائن أو رجعي أو فسخ

البكري الدمياطي، إعانة الطالبين على حل ألفاظ فتح المعين، ٥٥/٤


⁨Ust. Khoirul Umam Sby⁩

اعلم - أن الفسخ يفارق الطلاق في أربعة أمور الأول أنه لا ينقص عدد الطلاق فلو فسخ مرة ثم جدد العقد ثم فسخ ثانيا وهكذا لم تحرم عليه الحرمة الكبرى بخلاف ما إذا طلق ثلاثا فإنها تحرم عليه الحرمة المذكورة ولا تحل له إلا بمحلل الثاني إذا فسخ قبل الدخول فلا شيء عليه بخلاف ما إذا طلق فإن عليه نصف المهر الثالث إذا فسخ لتبين العيب بعد الوطء لزمه مهر المثل بخلاف ما إذا طلق حينئذ فإن عليه المسمى الرابع إذا فسخ بمقارن للعقد فلا نفقه لها وإن كانت حاملا بخلاف ما إذا طلق في الحالة المذكورة فتجب النفقة وأما السكنى فتجب في كل من الفسخ والطلاق حيث كان بعد الدخول

البكري الدمياطي، إعانة الطالبين على حل ألفاظ فتح المعين، ٣٨٣/٣


Referensi jawaban 2

⁨Ust. Khoirul Umam Sby⁩

و (لا) فسخ بإعسار بنفقة ونحوها أو بمهر (قبل ثبوت إعساره) أي الزوج بإقرارة أو بينة تذكر إعساره الآن، ولا تكفي بينة ذكرت أنه غاب معسرا

البكري الدمياطي، إعانة الطالبين على حل ألفاظ فتح المعين، ١٠٤/٤


⁨Ust. Kholid Hasyim

فَرْعٌ - تَخَالَعَا هَازِلَيْنِ، نَفَذَ إِنْ قُلْنَا: إِنَّهُ طَلَاقٌ، وَإِنْ قُلْنَا: فَسْخٌ، فَهُوَ كَبَيْعِ الْهَازِلِ، وَفِيهِ خِلَافٌ سَبَقَ

النووي، روضة الطالبين وعمدة المفتين، ٣٧٩/٧


فَرْعٌ - قَالَ أَصْحَابُنَا فِي بَيْعِ الْهَازِلِ وَشِرَائِهِ وَجْهَانِ (أَصَحُّهُمَا) يَنْعَقِدُ كَالطَّلَاقِ وَغَيْرِهِ (وَالثَّانِي) لَا لِأَنَّ الطلاق يقبل الاعزار

النووي، المجموع شرح المهذب، ١٧٣/٩

0 komentar:

Posting Komentar

Categories

Diberdayakan oleh Blogger.

Followers

Salam Secangkir Kopi

Rumusan ini merupakan hasil belajar bersama di grup "Munadharah Kitab Kuning" yang dibentuk di media chating. Dengan terbatasnya ruang, waktu dan fasilitas yang kurang maksimal, maka semua anggota grup sepakat bahwa rumusan ini bukanlah jawaban akhir, melainkan hanya sebagai wadah bahan pertimbangan dalam memahami norma hukum islam.

Popular Posts