Deskripsi masalah
Seorang pengidap jantung meninggal dunia akibat kaget mendengar ledakan mercon yang sangat keras yang disulut oleh seorang Pemuda Kampung.
Pertanyaan:
1. Apakah ulah pemuda kampung yang sengaja menyulut mercon besar untuk menghibur diri dan kawan-kawan termasuk kategori pembunuhan (qotlun)?
2. Jika termasuk pembunuhan, maka kasus seperti ini termasuk kategori pembunuhan yang bagaimana?
3. Apa hukumannya secara syariah?
Terima kasih.
Jawaban:
1. Perbuatan pemuda kampung tersebut termasuk pembunuhan (qotlun) karena memang korban meninggal disebabkan oleh suara mercon yang keras sehingga memicu gagal jantung bagi korban.
2. Perbuatan diatas termasuk Pembunuhan yang murni karena kesalahan / kecelakaan (قتل الخطأ المهض) jika memang pelaku tidak ada niat untuk membunuh korban dengan cara tersebut.
Namun jika pelaku memang berniat untuk mengejutkan korban hanya saja tidak bermaksud untuk membunuh, meskipun berakibat meninggalnya korban, maka termasuk pembunuhan dengan kesalahan / kecelakaan yang disengaja.
3. Mengingat perbuatan diatas diputuskan sebagai pembunuhan yang murni karena kesalahan / kecelakaan, maka hukumannya adalah diyat / denda ringan.
Referensi jawaban:
Ust. Muhammad Sueb Fattah
الشيرازي، أبو إسحاق، المهذب في فقة الإمام الشافعي للشيرازي، ١٧٠/٣
H. Wahid Sby
ان الجاني ان لم يقصد عين المجنى عليه بأن لم يقصد الجناية اصلا كأن زلفت رجله فوقع على انسان فقتله او قصد الجناية على زيد فأصاب عمرا فهو الخطأ المحض، سواء كان بما يقتل غالبا اولا. وان قصد عين المجنى عليه فان كان بما يقتل غالبا فهو العمد المحض وان كان بما لا يقتل غالبا
حاشية الباجوري ج ٢ ص٢٠٣
Ust. Khoirul Umam
والخطأ المحض أن يرمي إلى شيئ كصيد فيصيب رجلا فيقتله فلا قود عليه أى الرمي بل يجب دية مخففة الخ. (قوله والخطأ المحض)وهو لايوصف بحل ولاحرمة فليس بحلال ولا حرام لأنه من قبيل فعل الغافل كفعل البهيمة والمجنون ، وقوله ان يرمي الى شيئ الخ اقتصر المصنف في تصوير الخطأ على ما اذا قصد الفعل دون الشخص
حاشية الباجوري ج ٢ ص٢٠٣
Ust. Kholid Hasyim
التشريع الجنائي ج ٣ ص ١١٨
Ust. Achmad Taufiq Yasin
والخطأ المحض أن يرمي إلى شيء) كصيد (فيصيب رجلا فيقتله؛ فلا قود عليه) أي الرامي، (بل تجب عليه دية مخففة). وسيذكر المصنف بيان تخفيفها، (على العاقلة مؤجلة) عليهم (في ثلاث سنين) يؤخذ آخر كل سنة منها قدر ثلث دية كاملة، أو على الغني من العاقلة من أصحاب الذهب آخر كل سنة نصف دينار، ومن أصحاب الفضة ستة دراهم - كما قاله المتولي وغيره. والمراد بالعاقلة عصبة الجاني، لا أصله وفرعه
محمد بن قاسم الغزي، فتح القريب المجيب في شرح ألفاظ التقريب = القول المختار في شرح غاية الاختصار، صفحة ٢٦٨
0 komentar:
Posting Komentar