Sa'il Ust. Imad Saifuddin 

Deskripsi masalah
Pada tahun kemarin ada sepasang suami istri mau berangkat haji. Namun kira-kira seminggu sebelum keberangkatan haji suaminya meninggal dunia lantas si istri memutuskan untuk tetap berangkat haji dalam masa iddah.

Pertanyaan:
1. Adakah pendapat yang memperbolehkan atas keputusan si istri tersebut?
2. Sahkah haji-nya si istri mengingat dia berangkat dalam masa iddah?

Jawaban:
Dari kalangan syafi'iyah, hanafiyah dan hanabilah tidak memperbolehkan si istri 
berangkat haji dan harus mendahulukan melaksanakan iddah karena haji adalah
kewajiban yang bisa ditunda sedangkan iddah adalah kewajiban yang tidak bisa di 
tunda.
Sedangkan pendapat yang dikutip dari kitab "Ittihaafu al-saadah al-muttaqiin" itu diperbolehkan / disahkan berhaji dalam masa iddah namun hal demikian tetap berdosa
.(عاصية
Namun ada pandangan lain yang memperbolehkan seorang perempuan yang dalam masa iddah karena ditinggal mati suaminya untuk menjalankan ibadah haji. Di antara yang berpandangan demikian adalah ‘Atha` dan al-Hasan al-Bashri dengan landasan dalil hadits yang menerangkan bahwa Ummu kultsum ditemani Sayyidatina Aisyah keluar rumah untuk umroh setelah suaminya terbunuh dan Sayyidatina Aisyah juga berfatwa atas kebolehannya secara mutlak.
Tetapi keterangan tersebut masih terlalu umum.

Referensi jawaban:

Ust. Muhammad Sueb Fattah
 نعم لها الخروج لحج أو عمرة إن كانت أحرمت بذلك قبل الموت أو الفراق ولو بغير إذنه وإن لم تخف الفوات، فإن كانت أحرمت بعد الموت أو الفراق فليس لها الخروج في العدة وإن تحققت الفوات، فإذا انقضت عدتها أتمت عمرتها أو حجتها إن بقي وقت الحج وإلا تحللت بعمل عمرة وعليها القضاء ودم الفوات
حاشية البيجوري ٢ ص ٣٣٠ دار الكتب العلمية

إذا أحرمت بالحج ثم وجبت عليها العدة، فان لم يخش فوات الحج إذا قعدت للعدة لزمها أن تقعد للعدة ثم تحج، لانه يمكن الجمع بين الحقين فلم يجز إسقاط أحدهما بالآخر فإن خشيت فوات الحج وجب عليها المضى في الحج لانهما استويا في الوجوب وتضيق الوقت والحج أسبق فقدم
وإن وجبت العدة ثم أحرمت بالحج لزمها القعود للعدة لانه لا يمكن الجمع بينهما والعدة أسبق فقدمت
النووي، المجموع شرح المهذب، ١٦٩/١٨

رأي الإمام أحمد بن حسن العطاس في إحداد عدة الوفاة
في تذكير الناس للإمام أحمد بن حسن العطاس - ذكر سيدي رضي الله عنه - تشديد الفقهاء على المحِدّة في العدة فقال؛ أن سلفنا رضي الله عنهم - لا يحرجون البادية في شيئ الا النكاح حتى تخلص العدة، ونحن لا نشدد على العامة في عدة الوفاة. أما غير العامة كل له حال وكل له خطاب، خاطبوه بخطابه، واعتمد الحسن البصري في عدة الوفاة أنها كسائر العدد، لا يمتنع عليها إلا النكاح، وهذا للبادية والعوام الذين لا يتقيدون في جميع أحوالهم، ودوروا مع الوقت، وإذا رجعتم إلى العلم فقرروه
ونحن لا نقول لكم اتركوه، ولكن لا تضيقوا على أنفسكم وعلى غيركم حتى لا يصعب عليكم العمل المأمور به شرعا
وذكر سيدي دهن رأس المحدة فقال؛ وأي زينة في دهن الرأس. ثم قال؛ جائت إمرأة إلى الشيخ القاضي عبد الله بن عمر بامخرمة تسأله؛ هل يجوز لها أن تدهن رأسها؟ فقال لها؛ لا يجوز. فراحت إلى والده الشيخ عمر وأخبرته - فقال لها؛ يجوز لكِ - ادهني رأسك - ثم أنشأ أبياتاً حمينية أي من الشعر الشعبي؛

يا سويلم وَرَا القاضي يشدد على الناس # ما تغاضى لهم حتى على طرقة الرأس
ليش يلقي كذا، والدين قد فيه إنفاس # ما قرا الروضة اللي نصها يذهب الباس
وابن عبد السلام أفتى وفي قوله إيناس # واشعل البارزي من ضوْ شعلته نبراس
وإن ذرعه الحسن يأخذ بقول ابن عباس

وسألت إمرأة الإمام عبد الله بن عمر بن يحيى فقال لها؛ لا يجوز. فذهبت إلى الإمام عبد الله بن حسين بن طاهر فقال لها؛ يجوز. فلما بلغ الإمام عبد الله بن عمر بن يحيى تجويز عبد الله بن حسين لها، جمع رسالة قي عدم الجواز وقرأها في الدرس على خاله عبد الله بن حسين فلما أكملها قال له؛ ومن قال بهذا القول؟ قال له. رجال. قال له؛ هم رجال ونحن رجال
شرح الياقوت النفيس ج ٢ ص ١١٧ دار الحاوي

وَذَكَرَ عَبْدُ الرَّزَّاقِ قَالَ: حَدَّثَنَا مَعْمَرٌ عَنِ الزُّهْرِيِّ عَنْ عُرْوَةَ قَالَ: خَرَجَتْ عَائِشَةُ بِأُخْتِهَا أُمِّ كُلْثُومٍ- حِينَ قُتِلَ عَنْهَا زَوْجُهَا طَلْحَةُ بْنُ عُبَيْدِ اللَّهِ- إِلَى مَكَّةَ فِي عُمْرَةٍ، وَكَانَتْ تُفْتِي الْمُتَوَفَّى عَنْهَا زَوْجُهَا بِالْخُرُوجِ فِي عِدَّتِهَا
القرطبي، شمس الدين، تفسير القرطبي، ١٧٧/٣

Artinya: “’Abdurrazzak mengatakan, Ma’mar telah menceritkan kepada kami dari az-Zuhri dari ‘Urwah ia berkata, sayyidah ‘Aisyah ra pernah keluar dengan saudara perempuannya yaitu Ummi Kultsum ketika Thalhah bin ‘Ubaidillah suami Ummi Kultsum terbunuh, ke Makkah untuk melakukan umrah. Dan sayyidah ‘Aisyah telah memfatwakan kebolehan keluar rumah bagi seorang perempuan yang dalam masa iddah karena ditinggal mati suaminya.” (Tafsir Alqurthubi, juz.3, hal.177).

0 komentar:

Posting Komentar

Categories

Diberdayakan oleh Blogger.

Followers

Salam Secangkir Kopi

Rumusan ini merupakan hasil belajar bersama di grup "Munadharah Kitab Kuning" yang dibentuk di media chating. Dengan terbatasnya ruang, waktu dan fasilitas yang kurang maksimal, maka semua anggota grup sepakat bahwa rumusan ini bukanlah jawaban akhir, melainkan hanya sebagai wadah bahan pertimbangan dalam memahami norma hukum islam.

Popular Posts