Sail: Ust. Abd. Kholiq / Gus Hilmi Berbek

Pertanyaan:
1. Bagaimana cara memahami bahwa dakwah islam tidak dengan pedang, mengingat banyak peperangan yang di ikuti Nabi Muhammad SAW yang tercatat 27 kali peperangan, 9 kali diantaranya terjadi pertempuran?

2. Bagaimanakah makna sebenarnya dari Rahmatan lil 'alamin?
Terima kasih.

Jawaban:
1. Dalam sejarah maghozi, perang itu bukan langkah pertama dalam melakukan ekspansi dakwah, tapi sebagai alternatif terakhir setelah perjanjian damai tidak dapat terealisasi atau dihiraukan, seperti perjanjian Hudaibiyah. Peperangan yang dilakukan Rasulullah bukan strategi menyerang, melainkan lebih banyak bertahan dan mempertahankan keimanan, kemuliaan Islam dan keamanan wilayah dari rongrongan kaum kafir dan musyrik.
Dalam melihat / menilai sebuah peristiwa sejarah masa lalu janganlah memakai standar etis dan rasionalitas ( common sense ) masa kini tapi pakailah standar etis dan rasionalitas masyarakat zaman tersebut. Perang pada zaman nabi tersebut sangat lazim terjadi dan bukan satu tindakan tercela menurut standart etis dan rasionalitas zaman tersebut. Bandingkan dengan sejarah perang lain pada era se zaman dengan Nabi, baik di belahan timur atau barat, maka kita akan menemukan sejarah perang nabi adalah sejarah perang manusia terbaik pada zamannya. disaat yang lain mengangap biasa perang dengan segala cara, tidak demikian dengan perang nabi yang penuh etika seperti tidak membunuh anak-anak, membakar rumah, dll. Dan kembali pada standart etis masyarakat yang berubah mengikuti perkembangan zamannya, bisa jadi jika saat itu nabi dan kaum muslimin tidak berperang maka bisa dianggap pengecut dan tidak punya kehormatan oleh masyarakatnya saat itu dan mudah ditaklukkan yang berakibat pada keberlangsungan agama islam. oleh karena itu, standart etis dan rasionalitasnya masyarakat saat itu berbeda dengan masyarakat sekarang maka tidak bisa dibenarkan bahwa islam memprioritaskan perang dalam berdakwah tapi jika memilih pilihan perang saat itu adalah pilihan yang rasional dan terbaik pada zaman tersebut pilihan untuk berperang adalah tidak lepas juga dari wahyu Allah pada nabi dan adakalanya hasil ijtihad yang diambil para sahabat yang sudah melalui pertimbangan yang komprehensif.
Dalam konteks dakwah dan perjalannya ada amanah menjalankan tugas dakwah. oleh karenanya pelaksanaan tugas dakwah tersebut kalau bisa dengan damai. Tetapi kalau tidak dan harus berperang, maka langkah itulah yang diambil dengan melihat berbagai pertimbangan, maslahah dan mafsadahnya.
Andai tidak ada perjalanan peperangan dalam sejarah tersebut maka tentu Islam tidak akan mendunia dan bisa menebarkan rahmat pada seluruh alam semesta yakni Islam Rahmatan lil Alamiin.

Referensi jawaban

Ust. Achmad Taufiq Yasin
مَتَى يَصِيرُ الْجِهَادُ فَرْضَ عَيْنٍ؟
٩ - ذَهَبَ جُمْهُورُ الْفُقَهَاءِ إِلَى أَنَّهُ يَصِيرُ الْجِهَادُ فَرْضَ عَيْنٍ فِي كُلٍّ مِنَ الْحَالاَتِ الآْتِيَةِ؛
أ - إِذَا الْتَقَى الزَّحْفَانِ، وَتَقَابَل الصَّفَّانِ، حَرُمَ عَلَى مَنْ حَضَرَ الاِنْصِرَافُ، وَتَعَيَّنَ عَلَيْهِ الْمُقَامُ، لِقَوْلِهِ تَعَالَى: {يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا لَقِيتُمْ فِئَةً فَاثْبُتُوا} إِلَى قَوْلِهِ: {وَاصْبِرُوا إِنَّ اللَّهَ مَعَ الصَّابِرِينَ (١)}
ب - إِذَا هَجَمَ الْعَدُوُّ عَلَى قَوْمٍ بَغْتَةً، فَيَتَعَيَّنُ عَلَيْهِمُ الدَّفْعُ وَلَوْ كَانَ امْرَأَةً أَوْ صَبِيًّا، أَوْ هَجَمَ عَلَى مَنْ بِقُرْبِهِمْ، وَلَيْسَ لَهُمْ قُدْرَةٌ عَلَى دَفْعِهِ، فَيَتَعَيَّنُ عَلَى مَنْ كَانَ بِمَكَانٍ مُقَارِبٍ لَهُمْ أَنْ يُقَاتِلُوا مَعَهُمْ إِنْ عَجَزَ مَنْ فَجَأَهُمْ الْعَدُوُّ عَنِ الدَّفْعِ عَنْ أَنْفُسِهِمْ
ج - إِذَا اسْتَنْفَرَ الإِْمَامُ قَوْمًا لَزِمَهُمُ النَّفِيرُ مَعَهُ إِلاَّ مَنْ لَهُ عُذْرٌ قَاطِعٌ؛ لِقَوْل اللَّهِ تَعَالَى: {يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا مَا لَكُمْ إِذَا قِيل لَكُمُ انْفِرُوا فِي سَبِيل اللَّهِ اثَّاقَلْتُمْ إِلَى الأَْرْضِ أَرَضِيتُمْ بِالْحَيَاةِ الدُّنْيَا مِنَ الآْخِرَةِ فَمَا مَتَاعُ الْحَيَاةِ الدُّنْيَا فِي الآْخِرَةِ إِلاَّ قَلِيلٌ (٣)}
وَقَال النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: لاَ هِجْرَةَ بَعْدَ الْفَتْحِ وَلَكِنْ جِهَادٌ وَنِيَّةٌ، وَإِذَا اسْتُنْفِرْتُمْ فَانْفِرُوا (٤) وَذَلِكَ لأَِنَّ أَمْرَ الْجِهَادِ مَوْكُولٌ إِلَى الإِْمَامِ وَاجْتِهَادِهِ، وَيَلْزَمُ الرَّعِيَّةَ طَاعَتُهُ فِيمَا يَرَاهُ مِنْ ذَلِكَ (٥)
حِكْمَةُ تَشْرِيعِ الْجِهَادِ؛
١٠ - الْقَصْدُ مِنَ الْجِهَادِ دَعْوَةُ غَيْرِ الْمُسْلِمِينَ إِلَى الإِْسْلاَمِ، أَوِ الدُّخُول فِي ذِمَّةِ الْمُسْلِمِينَ وَدَفْعِ الْجِزْيَةِ، وَجَرَيَانُ أَحْكَامِ الإِْسْلاَمِ عَلَيْهِمْ، وَبِذَلِكَ يَنْتَهِي تَعَرُّضُهُمْ لِلْمُسْلِمِينَ، وَاعْتِدَاؤُهُمْ عَلَى بِلاَدِهِمْ، وَوُقُوفُهُمْ فِي طَرِيقِ نَشْرِ الدَّعْوَةِ الإِْسْلاَمِيَّةِ، وَيَنْقَطِعُ دَابِرُ الْفَسَادِ، قَال تَعَالَى: {وَقَاتِلُوهُمْ حَتَّى لاَ تَكُونَ فِتْنَةٌ وَيَكُونَ الدِّينُ لِلَّهِ فَإِنِ انْتَهَوْا فَلاَ عُدْوَانَ إِلاَّ عَلَى الظَّالِمِينَ (٢)}
وَقَال عَزَّ وَجَل: {هُوَ الَّذِي أَرْسَل رَسُولَهُ بِالْهُدَى وَدِينِ الْحَقِّ لِيُظْهِرَهُ عَلَى الدِّينِ كُلِّهِ وَلَوْ كَرِهَ الْمُشْرِكُونَ (٣)}
وَقَدْ مَضَتْ سُنَّةُ رَسُول اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَسِيرَتُهُ، وَسِيرَةُ الْخُلَفَاءِ الرَّاشِدِينَ مِنْ بَعْدِهِ عَلَى جِهَادِ الْكُفَّارِ، وَتَخْيِيرِهِمْ بَيْنَ ثَلاَثَةِ أُمُورٍ مُرَتَّبَةٍ وَهِيَ: قَبُول الدُّخُول فِي الإِْسْلاَمِ، أَوِ الْبَقَاءُ عَلَى دِينِهِمْ مَعَ أَدَاءِ الْجِزْيَةِ، وَعَقْدُ الذِّمَّةِ. فَإِنْ لَمْ يَقْبَلُوا، فَالْقِتَال
الموسوعة الفقهية الكويتية ج ١٦ ص ١٣٠ - ١٣٢ المكتبة الشاملة

Ust. Muhammad Sueb Fatah
والحدود زواجر وضعها الله تعالى للردع عن ارتكاب ما حظر، وترك ما أمر به لما في الطمع من مغالبة الشهوات الملهية عن وعيد الآخرة بعاجل اللذة، فجعل الله تعالى من زواجر الحدود ما يردع به ذا الجهالة حذرًا من ألم العقوبة، وخيفة من نكال الفضيحة؛ ليكون ما حظر من محارمه ممنوعًا، وما أمر به من فروضه متبوعًا، فتكون المصلحة أعمّ والتكليف أتم، قال الله تعالى: {وَمَا أَرْسَلْنَاكَ إِلَّا رَحْمَةً لِلْعَالَمِينَ} [الأنبياء: ١٠٧] يعني في استنقاذهم من الجهالة، وإرشادهم من الضلالة، وكفِّهم عن المعاصي وبعثهم على الطاعة
الاحكام السلطانية للماوردى ج ١ ص ٣٢٥

قوله عز وجل: {وَمَا أرْسَلْنَاكَ إِلاَّ رَحْمَةً لِلْعَالَمِينَ} فيما أريد بهذه الرحمة وجهان: أحدهما: الهداية إلى طاعة الله واستحقاق ثوابه. الثاني: أنه ما رفع عنهم من عذاب الاستئصال. وفي قوله: {لِلْعَالَمِينَ} وجهان: أحدهما: من آمن منهم , فيكون على الخصوص في المؤمنين إذا قيل إن الرحمةالهداية. الثاني: الجميع , فيكون على العموم في المؤمنين والكافرين إذا قيل إن الرحمةما رفع عنهم من عذاب الاستئصال
تفسير ماوردى - النكت والعيون ج ٣ ص ٤٧٥ - ٤٧٦

أجمعت الأمة على أن بعض الأنبياء أفضل من بعض، وعلى أن سيدنا محمدًا - صلى الله عليه وسلم - أفضل من الكل ويدل عليه وجوه؛
أحدها: قوله سبحانه: {وَمَا أَرْسَلْنَاكَ إِلَّا رَحْمَةًلِلْعَالَمِينَ}. سورة الأنبياء: الآية ١٠٧، فلما كان رحمةً لكل العالمين لزم أن يكون أفضلَ من كل العالمين

0 komentar:

Posting Komentar

Categories

Diberdayakan oleh Blogger.

Followers

Salam Secangkir Kopi

Rumusan ini merupakan hasil belajar bersama di grup "Munadharah Kitab Kuning" yang dibentuk di media chating. Dengan terbatasnya ruang, waktu dan fasilitas yang kurang maksimal, maka semua anggota grup sepakat bahwa rumusan ini bukanlah jawaban akhir, melainkan hanya sebagai wadah bahan pertimbangan dalam memahami norma hukum islam.

Popular Posts