Sail : achmadtaufiq99

Deskripsi masalah
Di Masjidil Harom mekkah setiap selesai sholat fardlu imam masjid pergi ke arah jalan tempat pesa'ian (tempat jenazah disholati) disana imam mensholati jenazah tapi yang jadi masalah adalah sebagian ma'mum sholat jenazah ada lurus di depan jenazah  bahkan sebagian di depannya imam walaupun terhalang dinding dan ma'mum lebih dekat ke ka'bah.

Pertanyaan:
1. Sahkah sholatnya ma'mum yang di depannya imam?

2. Sahkah sholatnya ma'mum jenazah yang ada di depannya jenazah?

3. Kalo tidak sah adakah pendapat ulama' lain yang memperbolehkan dengan tata cara sholat seperti di atas?

Jawaban:
1. Sholatnya ma'mum yang berada di depannya imam dalam sholat fardlu terdapat beberapa penjabaran dari beberapa ulama', yaitu:
-> Apabila taqoddum searah didepannya imam baik itu di Masjidil Haram atau bukan, maka khilaf:

  • Menurut qoul jadid sholatnya tidak sah. Ini juga sama dengan pendapatnya lmam Hanafi dan ini pendapat yang shohih.
  • Menurut qoul qodim sholatnya sah. Pendapat ini juga sama dengan pendapatnya Imam Malik, Imam Ishaq dan Imam Abu tsaur.

-> Apabila taqoddum tidak searah didepan imam di masjidil haram, maka khilaf juga:

  • Menurut Imam Abu ishaq almaruzi berlaku khilaf diatas.
  • Menurut ammatul ashab sholatnya sah tanpa khilaf (ini pendapat yang kuat).

2. Sholat jenazah yang dilaksanakan dengan meletakkan jenazah berada di belakangnya jama'ah atau sebagian ma'mumnya berada di depannya jenazah maka menurut jumhur ulama' sholat tersebut tidak sah.

3. Sholat jenazah seperti praktek diatas menurut Imam Malik sah, karena jenazah di depan jama'ah itu hukumnya sunnah bukan wajib.

Referensi jawaban:

Ust. Sueb Sby
إذا تقدم المأموم على الإمام، وصلى بصلاته في غير المسجد الحرام، ففيه قولان: (لأول] : قال في الجديد: (لا تصح صلاته) ، وبه قال أبو حنيفة، وهو الصحيح؛ لأنه قد وقف في موضع ليس بموقف مؤتم بحال، فأشبه إذا وقف في موضع نجس. فقولنا: (بحال) احتراز ممن وقف على يسار الإمام وحده
و [الثاني] : قال في القديم: (تصح صلاته) ، وبه قال مالك، وإسحاق، وأبو ثور؛ لأنه خالف سنة الوقف مع الإمام، فوجب ألا يمنع صحة الصلاة، كما لو وقف على يسار الإمام وحده، فإن صلى الإمام في المسجد الحرام إلى ناحية من نواحى الكعبة، فاستدار المأمومون حول الكعبة، فإن من كان منهم في جهة الإمام، إذا تقدم على الإمام، وكان أقرب إلى الكعبة من إمامه، فعلى القولين في التي قبلها
وأما صلاة من كان أقرب إلى الكعبة من الإمام في غير جهة الإمام، ففيه طريقان: [لأول] : قال أبو إسحاق المروزي: هي على قولين كالأولى
و [الثاني] : قال عامة أصحابنا: تصح قولا واحدا وهو المنصوص؛ لأن قرب المأموم في غير جهة الإمام لا يكاد يضبط، ويشق مراعاة ذلك، وفي جهته لا يشق عليه مراعاة خلف الإمام؛ ولأن المأموم إذا كان في غير جهة الإمام، فليس هو بين يديه، وإن كان أقرب إلى الكعبة منه، وإذا كان في جهته كان بين يديه، فلهذا افترقا؛ ولأن الشافعي قد نص في " الجامع الكبير ": (إذا كان الإمام يصلي إلى الكعبة على الأرض، والمأموم على سطحها، فصلى بصلاته، أجزأه ذلك) . والمأموم هاهنا أقرب
البيان فى مذهب الشافعى ج ٢ ص ٤٣١

Jainal Arif
ومنها أن يكون الميت مقدما أمام القوم فلا تصح الصلاة عليه إذا كان موضوعا خلفهم باتفاق، وخالف المالكية فانظر مذهبهم تحت الخط (٤
٤) المالكية قالوا؛ الواجب حضور الميت، وأما وضعه أمام المصلى بحيث يكون عند منكبي المرأة ووسط الرجل فمندوب
الفقه على المذاهب اﻷربعة ج ١ ص ٤٧٤ دار الكتب العلمية

0 komentar:

Posting Komentar

Categories

Diberdayakan oleh Blogger.

Followers

Salam Secangkir Kopi

Rumusan ini merupakan hasil belajar bersama di grup "Munadharah Kitab Kuning" yang dibentuk di media chating. Dengan terbatasnya ruang, waktu dan fasilitas yang kurang maksimal, maka semua anggota grup sepakat bahwa rumusan ini bukanlah jawaban akhir, melainkan hanya sebagai wadah bahan pertimbangan dalam memahami norma hukum islam.

Popular Posts