السلام عليكم ورحمة الله وبركاة
Dari sisi lahir mungkin saudara Rohim sdh termasuk pada katagori golongan yg delapan yg berhaq menerima zakat
Akan tetapi beliau mempunyai prinsip bahwa sy tdk sepantas nya menerima zakat fitrah kurban dll
Prinsip saudara Rohim hanya ingin rejeki yg di berikan Allah hanya lewat apa yg telah dia usahakan, yaitu dengan usaha yg sedang dia jalankan
Pertanyaan:
1. Bagaimanakah syariat islam dalam menyikapi prinsif Rohim trsbt, baik atau tdk baik ?
2. Dan apa saja anjuran terbaik syar'i mengenai hal trsbt?
السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
Jawaban:
1. Prinsip tersebut baik, dan hukum dasar menerima Zakat adalah Fardhu Kifayah, sehingga jika Rohim menolak menerimanya maka harus ada orang lain yang berhak dan mau menerima zakat.
2. Anjuran terbaik ialah menerima Zakat tersebut, sebab dengan itu Rohim membantu saudara muslimnya dalam menunaikan kewajibannya, dan jika Rohim tidak mau memanfaatkannya silahkan diberikan kepada orang lain.
Catatan:
Jika semua mustahiq tidak mau menerimanya maka bagi Imam boleh memaksa mustahiq menerima Zakat.
Ibarot
Achmad Taufiq Yasin
١. (ﻭﻗﺒﻮﻝ اﻟﺰﻛﺎﺓ ﻓﺮﺽ ﻛﻔﺎﻳﺔ ﻭﻫﻮ) ﺃﻱ ﻗﺒﻮﻝ اﻟﻤﺤﺘﺎﺝ ﺇﻟﻴﻬﺎ (ﺃﻓﻀﻞ ﻣﻦ) ﻗﺒﻮﻝ ﺻﺪﻗﺔ (اﻟﺘﻄﻮﻉ) ﻷﻧﻪ ﺇﻋﺎﻧﺔ ﻋﻠﻰ ﻭاﺟﺐ ﻭﻷﻥ اﻟﺰﻛﺎﺓ ﻻ ﻣﻨﺔ ﻓﻴﻬﺎ
اسنى المطالب، ٤٠٨/١
٢. (ﻗﻮﻟﻪ: ﻭﻻ ﻳﺸﺘﺮﻁ ﻗﺒﻮﻝ اﻟﻤﻨﺬﻭﺭ ﻟﻪ ﺇﻟﺦ) ﺃﻱ ﻭﻻ ﻳﺸﺘﺮﻁ ﻓﻲ ﻟﺰﻭﻡ ﻭﻓﺎء اﻟﻨﺎﺫﺭ ﺑﻤﺎ اﻟﺘﺰﻣﻪ ﻓﻲ ﺫﻣﺘﻪ ﺑﻨﺬﺭ اﻟﻤﻨﺠﺰ ﺃﻭ اﻟﻤﻌﻠﻖ ﺃﻥ ﻳﻘﺒﻞ ﻟﻔﻈﺎ ﻟﺸﺨﺺ اﻟﻤﻨﺬﻭﺭ ﻟﻪ اﻟﺸﺊ اﻟﻤﻠﺘﺰﻡ ﺃﻭ ﻳﻘﺒﻀﻪ ﺑﺎﻟﻔﻌﻞ.
ﻗﺎﻝ اﻟﺰﺭﻛﺸﻲ: ﻭﻣﻘﺘﻀﺎﻩ ﺃﻧﻪ ﻻ ﻳﺠﺒﺮ ﻓﻼﻥ ﺃﻱ اﻟﻤﻨﺬﻭﺭ ﻟﻪ ﻋﻠﻰ ﻗﺒﻮله.
وﻳﻔﺎﺭﻕ اﻟﺰﻛﺎﺓ ﺑﺄﻥ ﻣﺴﺘﺤﻘﻴﻬﺎ ﺇﻧﻤﺎ ﺃﺟﺒﺮﻭا ﻋﻠﻰ ﻗﺒﻮلها ﺧﻮﻑ ﺗﻌﻄﻴﻞ ﺃﺣﺪ ﺃﺭﻛﺎﻥ اﻹﺳﻼﻡ، ﺑﺨﻼﻑ اﻟﻨﺬﺭ.
إعانة الطالبين، ٤١٣/٢
٣. ﻭﻟﻮ اﻣﺘﻨﻊ اﻟﻤﺴﺘﺤﻘﻮﻥ ﻣﻦ ﺃﺧﺬﻫﺎ ﻗﻮﺗﻠﻮا
----------------------------
(قوﻟﻪ: ﻗﻮﺗﻠﻮا) ﻟﺘﻌﻄﻴﻠﻬﻢ ﻫﺬا اﻟﺸﻌﺎﺭ اﻟﻌﻈﻴﻢ ﻛﺘﻌﻄﻴﻞ اﻟﺠﻤﺎﻋﺔ ﺑﻞ ﺃﻭﻟﻰ ﺷﺮﺡ ﻣ ﺭ ﻟﻜﻮﻥ اﻟﺰﻛﺎﺓ ﻓﺮﺽ ﻋﻴﻦ، ﻭﻋﺒﺎﺭﺓ ﺣ ﻟ ﻗﻮﺗﻠﻮا ﺃﻱ: ﻗﺎﺗﻠﻬﻢ اﻹﻣﺎﻡ، ﺃﻭ ﻧﺎﺋﺒﻪ؛ ﻷﻥ ﻗﺒﻮﻝ اﻟﺰﻛﺎﺓ ﻓﺮﺽ ﻛﻔﺎﻳﺔ ﻭﻟﻌﻠﻪ ﺑﺎﻟﻨﻈﺮ ﻟﻜﻞ ﺻﻨﻒ
حاشية البجيرمي على شرح المنهاج، 318/3
0 komentar:
Posting Komentar